Wednesday, January 4, 2012

musik


Dalam pengembangannya sering kita jumpai perpanjangan not dan perpanjangan tanda diam. Demi tercapainya harmoni lagu notasi harus berharga sesuai tuntutan harmonisasi lagu. Not tersebut, antara lain sebagai berikut:
1. Duol; Duol berbentuk garis lengkung dan angka 2 di atas atau di bawah dua nada untuk mengubah nada di bawahnya menjadi satu setengah kali nilai ketukannya dari dua nada tersebut.
2. Triool dan triool ganda (sextool); triool berbentuk garis lengkung dan angka 3 di atas atau di bawah tiga buah not yang berfungsi mengubah not tersebut menjadi dua pertiga dari nilai ketiga not tersebut.
3. Kwartool; berbentuk garis lengkung dan angka 4 pada empat buah not yang mengubah keempat not dibawah atau di atasnya menjadi tinggal bernilai 3/4 dari nilai not sebelumnya.
4. Kwintool; berbentuk garis lengkung dan angka 5 di atas atau dibawah lima not yang berfungsi mengubah nilai not tersebut menjadi bernilai 4/5 dari nilai keseluruhan not sebelumya pat not dibawah atau di atasnya menjadi tinggal bernilai 3/4 dari nilai not sebelumnya.
5. Legato dan legatura; yaitu menghubungkan dua buah not atau lebih, memperpanjang nilai not yang pertama menjadi sejumlah not yang dihubungkan.


Beberapa tanda tempo untuk menyatakan cepat lambatnya lagu antara lain :
a. Tempo pernyataan lagu lambat : (1) larggissimo, lentissimo ; sangat lambat, (2) adagid, lento, largo ; lambat (3) largietto, adagietto ; kurang lambat.
b. Tempo sedang ; (1) andantino; sedang lambat ; (2) moderato ; sedang, (3) anandante; sedang.
c. Tempo cepat ; (1) allegro; kurang cepat, (2) presto; cepat, (3) allegro vivace; cepat sekali.
d. Perubahan : (1) accelerando atau accel ; makin cepat, (2) rillentando atau cell ; bertambah lambat, (3) ritardando atau rit; berkurang cepatnya; (4) a tempo; kembali ke tanda tempo asal, (5) fermata; diperpanjang.
 

No comments:

Post a Comment