Wednesday, December 5, 2012

guitar pro 5


Kali ini saya akan membahas tentang software guitar pro 5. Sodara semua yang suka gitar pasti tak asing dengan software ini tentunya. Software ini digunakan untuk membuat midi atau partitur lagu, atau bisa dibilang untuk simulasi sebuah lagu..heehee.. Berbeda dengan fruityloop, cara membuat midi pada gp 5 menggunakan not balok, sedangkan pada fruityloop kita hanya drag n drop atau membatik untuk membuat midi. Untuk sodara semua yang belum punya software ini jangan kuatir, sodara bisa download pada link ini.
Untuk sodara pecinta gitar yang belum pernah menggunakan gp 5, akan saya berikan beberapa cara untuk membuat midi pada gp 5.
Pertama install dulu programnya, masukkan keygen yang sudah terlampir dalam 1 file link download di atas. 

Create new ( ctrl+N ), maka tampilannya akan seperti ini













Pada lingkaran merah dan biru, atur sesuai keinginan sodara, bisa di coba2 sendiri setelah kiranya membuat midi selesai, dan dengarkan perbedaan soundnya.

Untuk membuat note/nada dalam lagu anda, tinggal ketik angka pada keyboard komputer/leptop anda di bagian tabulasi seperti gambar dibawah pada yang lingkaran berwarna merah. Atau arahkan kursor pada fretboard guitar/ tut piano.













Misalkan anda ingin menyisipkan nada dalam 1 bar , tinggal ketik insert pada keyboard anda.


-Untuk menambahkan instrument / percussion  pada lagu anda, tinggal klik tanda + seperti pada gambar atau ctrl+shift+insert
Untuk menyisipkan bar pada tengah lagu tinggal klik aja seperti gambar, atau ctrl+insert.


Beberapa hal yang (penting) biasanya digunakan untuk membuat midi:
  1. Tempo
  2. Birama
  3. Note ( duration , rest , ghost note, grace note , dead note , tie note , dinamika )
  4. Effect ( staccato , palm mute, vibrato, slide , tremolo picking , dll

Tempo
Untuk mengatur tempo bisa di lihat pada gambar di bawah. Sodara bisa mengatur temponya sesuai keinginan.










Misalkan pada tengah lagu sodara ingin menyisipkan perubahan tempo, sodara bisa menggunakan mix table , sehingga pada bar selanjutnya sudah berganti tempo.












Seperti pada gambar. Lingkaran yg berwarna merah adalah mix table, bisa digunakan untuk menambahkan perubahan tempo, untuk menambahkan perubahan instrument, dll.
Linkaran yang berwarna pink adalah tempo awal. Lingkaran berwarna biru adalah perubahan tempo sepanjang jumlah beat yang dipilih. Misalkan pada gambar, dicontohkan terjadi acceleranding / kenaikan tempo , dari tempo awal 86 menjadi 97, perpindahan tempo ini terjadi dari irama 2/4 ke irama 4/4. Dan untuk bar selanjutnya temponya menjadi 97. Misalkan saja anda memilih immediately pada linkaran biru, maka seketika tempo akan langsung berubah, dalam arti tidak terjadi kenaikan/penurunan tempo secara bertahap dalam beberapa jumlah beat.


Birama
Untuk mengatur birama sodara tinggal klik aja pada tombol bergambar 4/4.
















Misalkan anda ingin mengubah irama ketukan pada bar tertentu tinggal klik aja, tanpa menggunakan mix table. Jika anda mencentang until the end , maka irama pada bar tersebut akan menjadi acuan irama hingga akhir.


Untuk Note dan effect saya kira lebih asyik jika anda mengutak-atik sendiri. Karena sudah tercantum pada menu.:)

anda juga bisa menambahkan rse(real soun engine) untuk menambahkan efek suara.
bisa dicari di google..:)

dan yang terbaru udah ada versi gitar pro 6.
insyaAllah saya posting untuk kedepannya

Semoga bermanfaat..
Salam damai..

No comments:

Post a Comment